Selasa, 20 Oktober 2009

IRAH-IRAHAN

Irah-irahan artinya judul atau header. Sêkalané Kémutan adalah judul blog. Kemunculan pertama desainnya dominan warna biru, mèn bisa mumbul maring langit. Jêbulé nêng langit ora nana apa-apa. Suwung. Lah sing akè-akèh mung padha nyawang. Anggêr jagad tah isiné pirang-pirang. Eh, mbok mênawa wis mandan bosên karo biru, njajal déowahi warna liyanê. Dominan hitam. Mandan pêtêng, ningèn tulisane gênah. Putih. Ana abangé mèn mandan mbranang. Anggêr wis ora cocog ya, ganti maning. Gawé dhéwèk ikih. Ora tuku, ora mbayar.

Umpamané ko takon: Mengapa kalimat IKATAN KELUARGA SUDIWAN ATMOSUMARTO tidak disertakan? Golihé takon nganggo basa Indonesia, mêrga ora paham basa Jawa Banyumasan. Ngoko baé ora téyèng, apa maning krama, gêdhéné krama inggil. Laah ... Inyong sêmauré kaya kiyé :

(Bahasa Indonesia, biar kalian jelas) Kalimat termaksud tidak perlu ditonjolkan, karena sudah terwakili logo IKSA. Tuh, di sebelah kiri. Kalau kalimat IKATAN KELUARGA SUDIWAN ATMOSUMARTO masih disertakan, berarti ada duplikasi, yang secara desain terlalu penuh. Jangan serakah, semuanya mau masuk. Sedangkan tulisan Jawa (Hanacaraka) disertakan, katanya sih sebagai pengingat bahwa kita berangkat dari suatu kultur tertentu, dalam wadah NKRI, gitu. Jika kalian tidak faham, anggap saja itu bagian dari ornamen desain, warna merah, ingat moral dan etika kultur, tetap mempunyai semangat juang yang egaliter. Begitu lho !


Sementara itu, blog ini kan tidak cuma berisi hal-hal keluarga (maunya, gitu!) Lah kalau tiap masukan berisi: itu anak siapa, siapa orang tuanya, siapa kemenakannya dan uraian-uraian sejenis, maka (gaya Pemalang) bisa ada ungkapan: mBlêngêr! Sungkan ra, bandaré.

(Masih bahasa Indonesia) Teks Sêkalané Kémutan dibuat atas dasar Huruf Myriad Light Pro. Maksudnya biar langsung pada intinya, tapi tidak galak. Huruf ini tanpa kait atau sans serif di bagian ujung, biar saluguné. Tanpa maksud yang bersayap. Aksara Latin ini sebagai alih aksara dari kata bahasa Jawa yang membedakan bunyi e (seperti pada kata "pergi") yang ditulis menjadi ê (huruf kecil E dengan circumflex). Kuncinya Alt+0234. Demikian juga dengan huruf é (seperti membaca kata "merah"). Itu adalah huruf kecil E dengan Acute, tanda coretannya ke kanan. Kuncinya Alt+0233. Bila coretan atas ke kiri misalnya è, yakni huruf kecil E dengan Grave, kuncinya Alt+0232. Dalam bahasa Indonesia memang tidak dibedakan. Tetapi dalam bahasa Jawa, dibedakan. Terutama menyangkut kaidah pengucapannya. Alinea tentang huruf ini ada kaitannya dengan pengetahuan tentang typography. Tertarik? Kita bisa buat ajang diskusi !

(Jawa Banyumasan) Liding dongèng, sênajan jagading kahanan kala-kala pêtêng, muga tansah pinaringan beninging pikir lan rasa. Sênajan alon ning ajêg, tumuju marang pepadhang. Salam. - Tu Ds.

Tidak ada komentar: