Jumat, 12 Juni 2009

Mata Uang Lama


Mata uang Indonesia adalah Rupiah (simbolnya Rp). Satu rupiah terdiri atas 100 sen. Pernah melihat dan menggunakan uang satu rupiah? Tahun 1962, satu dollar Amerika nilainva sekitar Rp 95,00. Sekarang ?

Bagian atas, tampak depan uang kertas senilai Rp 2,50 atau satu ringgit emisi tahun 1960.. Orang-oarg Tinggarwangi waktu itu menyebut karo tengah gélo (dua setengah rupiah). Di baliknya, tertera peringatan dalam ejaan Suwandi, tertulis : Barangsiapa meniru atau memalsukan uang kertas dan barangsiapa mengeluarkan dengan sengadja atau menjimpan uang kertas tiruan atau uang kertas jang dipalsukan akan dituntut dimuka hakim. Sekarang, mata uang kertas kita tidak ada peringatan seperti itu. Jadi, si pemalsu makin tidak takut?

Gambar bawah, salah satu sisi mata uang logam benggol, dibesarkan 250%. Satu benggol adalah 2,5 sen. (Rp 0,025) Tertera aksara Latin di sisi depan, juga ada aksara Arab dan aksara Jawa, yang berbunyi sapara patang puluh rupiyah. Tidak menyebut dua setengah sen, tetapi memakai sebutan seperempat puluh (1/40) rupiah.

Selain informasi grafis berupa gambar, simbol, aksara dan angka, para perancang mata uang juga sudah mempertimbangkan bahan, berat, guratan, maupun warna. Tidak semata-maia keamanan dari tindak pemalsuan, tetapi rnemudahkan pengenalan bagi semua orang; tuna netra, tuna wicara dan tuna-tuna lain termasuk tuna karya.

Kalian warga IKSA, punya koleksi mata uang apa? Dolar Amerika, SIngapore, ringgit Malaysia, rupee India, yen Japeng (¥), £ Inggris, dll. Hallo, yang di Jerman, Abu Dabi dan lain-lain, tolong dong ceriterakan tentang mata uang. Uangnya tidak usah. Mata uang Perancis desainnya cantik sekali, lho!. Entry ini buat ngrame-ngramein, kok.

3 komentar:

widiya jatmiko mengatakan...

ho ho ho, nantangin nih mbah... :D

nanti kalo sempet, saya cerita in mata uang jerman. Sebener nya pas ke Kanada minggu lalu, lumayan membingungkan karena pecahan 5 sen dan 10 sen nya berbeda ukuran dengan yang ada di jerman, shg sering sekali salah dalam pembayaran. 5 sen di Kanada mempunyai diameter yang lebih besar dibanding dengan 10 sen dan terbuat dari bahan yang sama (mungkin dari perunggu).

Turipto Ds. mengatakan...

He .. he ..
Biasanya, yang punya kesempatan njajah negara milang bandara (njajah desa milang negara - bukan lagi njajah desa, milang kori. Artinya bepergian dari desa ke desa menghitung pintu/rumah) .. ada kesempatan untuk bingung mengenai bentuk, tulisan, desain, warna dan ... nilai tukarnya, terutama yang recehan. Mau belanja, wong recehan. mBok ngisin-isini asline negara berkembang. Jadi simpan saja buat "oleh-oleh". Sukur sih, yang lembaran ... Semoga punya kesempatan berburu dan mendapatkan yang lembaran, gitu! Sing akeh, nggo angger bada!

Mario Jatmiko mengatakan...

Share dikit ah,
kebetulan saya punya uang Nigeria, Naira. Saya memperolehnya dari bos kantor yg kebetulan dinas disana. Nilainya 100 Naira, kalau tidak salah setara dengan Rp 5000.

Dari sisi desain tidak jauh berbeda dengan maa uang rupiah. di satu sisi ada gambar tokoh "Chief Obafemi Awolowo" berikut dengan tanda tangan gubernur dan direktur operasi mata uang. Di sisi lainnya ada gambar place of interest "Zuma Rock"yang mengingatkan pada sebuah game komputer.

Semoga bisa sedikit memberi informasi untuk sedulur-sedulur dan semoga menggugah untuk mengklik google atau wikipedia sekedar untuk menambah khasanah informasi.