Kamis, 14 Januari 2010

PATRA MÊNGGALA

Saya suka duduk di atas lincak, menghadap ke timur dibawah pohon Patra Mênggala. Patra Mênggala? Di Tinggarwangi dulu saya mengenal dengan nama itu. Semula saya menduga, mungkin penanam pertama atau yang memperkenalkan tanaman tersebut di Tinggarwangi adalah Ki Patramenggala. Orang Jakarta menyebut bunga merak. Sengaja saya tanam untuk mengganti pohon blimbing, agar ada sedikit kenangan dengan rumah masa kecil di desa, yang juga mempunyai pohon serupa. Posisi tanam juga mirip: bagian depan rumah agak sebelah kanan. Bibitnya berupa biji seperti kêmlandingan atau lamtoro, tetapi lebih besar, memang dibawa oleh adik saya dari desa. Berdaun kecil-kecil, rontokkannya mudah membentuk sampah di bawah pohon. Di beberapa tempat tepian jalan tol luar kota terkadang dapat dijumpai pohon berbunga merah atau kuning itu.

Patra Mênggala (bunga merak) ini mempunyai nama Latin Caesalpinia pulcherima.  Meski tinggi pohon di depan rumah sudah sekitar 3 meter tingginya, tetap disebut kembang. Karena yang menonjol ya bunganya itu. Nggak peduli musim hujan ataupun kemarau, tetap berbunga. Lingkup masyarakat dimana saya tinggal, pada tahun pertama tidak ada yang punya. Katanya: “Cakep ya Pak, bunga apaan sih namanya? Émang beli dimané! – Katanya sih, namanya bunga merak. Kalau di desa saya menyebut bunga Patra Mênggala. Nggak beli kok. Saya pesen benihnya dari desa, dibawain bijinya sama adik saya.” Singkatnya, saya ndhêdhêr biji-bijinya, setelah tumbuh sekitar 50 cm saya berbagi.

Tatkala berselancar di internet, ketemu juga hal-ihwal nama bunga yang bertahun-tahun mengingatkan desa kelahiran. O, memang betul namanya Patra Mênggala. Nama bunga merak saja merak saja, setelah tumbuhan itu menghias halaman rumah. Terima kasih kepada pengola blog sayangbungaku.blogspot.com Saya jadi tahu nama Latin-nya: Caesalpinia pulcherima. Silakan kunjungi. Bagus, kok! Juga ada keterangan manfaatnya. Memang tentang bunga, tetapi ditulis oleh ahlinya. Priyantun sekolahan. Matur nuwun. Saya memang termasuk nggak faham babagan botani. Kulitnya sekalipun. Ngêrtiné nyawang kêmbang.

Kalau sedang mood, kélingan jaman sêmana, njagong nêng lincak sangisoré kêmbang Patra Mênggala. Madhêp ngétan, kayadéné ngadhêpi pêpadhang, njur kélingan sing sêring nandur kêmbang; ya mbakyu saya: Maryati dan adiknya mbakyu Muktiyah (almh.). mBakyu Maryati Kartoatmadja masih sugêng di Tinggarwangi, kopèn détunggoni anak putu pirang-pirang. Kang Karto ya ésih sugêng. Égin kuat ngêpit maring Jatilawang. Mulané, anggêr nyong tilik désa, sing déjujug yang dalêmé Yu Mar. Kêtêmu kabèh brayat. Égin bisa ndopok Tinggarwangi-an. Putuné ana sing ngomong, Yangé (maksudnya: saya) ngêndika Tinggarwangianné égin lancar ya? Mung kayongé gayané mandan ana bédané. (Inyong mbatin: ya maklum wis sêtêngah abad lêwih ngrasakna gadho-gadho, dudu pêcêl.)

Semula, halaman rumah yang cuma sekitar 4 meter dari saluran drainase jalan itu, saya tanami pohon belimbing. Buahnya menjadi sarana berbagi dengan tetangga. Saya buatkan galah pênyénggèt, untuk menjaga buahnya tidak jatuh ke tanah pada waktu dipetik, tidak perlu memanjat pohon. Plastik kemasan botol air, dipotong bagian alasnya dan dipasang terbalik pada ujung galah bekas tiang bendera. Tanah di bawah pohon saya pasangi paving bata merah. Anak-anak tetangga yang masih kecil, dapat bermain di situ. Ada juga lincak bambu yang bisa untuk ngléyèh ataupun kongkow di sore hari.

Nêgor wit blimbing
Karena pohon blimbing terlihat makin besar, akarnya merambah ke sekeliling. Terlihat ada bagian paving yang retak. Bagaimana kalau ditebang? – Pak, kalau ditebang, pangkalnya suka numbuh tunas baru. Baiknya dikasih oli atau minyak tanah biar nggak numbuh (tetangga, saya Pak Entong pensiunan). – Tapi, bisa merusak tanah. - iya si ... Selama dua tiga hari saya gunakan untuk memberi tahu tetangga, tentang niat saya menebang pohon blimbing. Sebagian menyayangkan, karena akan hilang kesempatan memetik buahnya. Sebagian lagi sependapat atas dasar alasan saya. Mereka menjadi maklum.

Pada hari H, tukang sampah sudah datang dengan gerobaknya, Pak Entong (alm.) sudah membawa gergaji dan golok, siap tenaga untuk membantu. Dia sudah siap menggergaji, saya cegah: “Sebentar pak, tunggu.” Saya jongkok di dekat pokok pohon. Berbicara pelan : “Blimbing, tak jaluk ikhlasmu ya? Ora pisan-pisan aku maténi tuwuhmu, aku arêp nêgor, mêrga aku njaga aja nganti ana karépotan sing luwih gêdhé tumrapku. Lah kuwi, oyodmu marahi bata ngisor padha mlêthak. Suwé-suwé bisa têkan tèmbok umah. Tuwuhmu wis kêtrima, uwohmu wis têk tampa, murakabi karo tangga têparo. Matur nuwun. Tak jaluk rilamu.” Pokok pohon blimbing itu saya tepuk tiga kali. - Nah, pak silahkan dipotong, kata saya. Ila-ilané ujaring pangêrtèn sêkang kaki-nini. Dampaknya luar biasa. Sayang tidak pada tempatnya saya tulis di blog ini, karena munculnya pengalaman pribadi sing gawé lêga dan bombong. Mung kêbênêran, ndéyan.

Pengertian apa yang ingin saya bagi buat kerabat? Begini: Sayangi tanaman, terutama yang telah memberikan faedah bagi kalian. Mulai dari menanam, memelihara dan kalau perlu memotong sekalipun, dasari dengan respect (ngrêgani), sêtimbang karo apa mêsthiné. - Tu Ds.

Tidak ada komentar: