Minggu, 10 Januari 2010

BRUDERAN (1) – Préjèngan

Dik Ripto aslinya mana? (Maksudnya: daerah ataupun kota kelahiran saya.) - Purwokerto, Pak! Jatilawang. Mau menyebut desa Gentawangi beliau belum tentu faham. Jadi saya sebut nama kota kemungkinan besar dikenal. Lha, beliau itu dosen di UI yang bertugas juga sebagai konsultan di tempat saya “nyangkul” alias kerja. Jelas kedudukannya lebih tinggi. - Lho, saya juga, kok! SMA-nya dimana? - Bruderan, Pak! - O, lha préjèngané katon!. (Beliau tertawa, saya ikut tertawa). Beliau langsung menuju ruang rapat. Dialog sekilas itu, sekitar seperempat abad yang lampau. Jadul ya? Karena saya tulis sekarang, ya nêmên.

Saya tidak tahu persis padanan kata préjèngan dalam bahasa Indonesia. Gaya, penampilan, sikap dan pola pikir? Ah, sudahlah kalian cari tahu sendiri. Karena yang ingin saya tulis bukan masalah préjèngan. Melainkan tentang awal diterima di sekolah Bruderan Purwokerto. Ceritera gaya masa kini dengan hati masa lalu. Sêkalané kémutan. Pada masa itu, dan mungkin juga sekarang dikenal sebagai sekolah yang, ya itu tadi : préjèngan katon! Bagi anak Tinggarwangi saat itu sangat langka! Kata orang sekolah ini ada kesamaan ”nafas” dengan Kanisius, de Brito, Tarakanita dan sejenisnya. Tentu saja, nafas sekolahan tidak harus sama sebangun dengan murid-muridnya.

Jika kalian merambah di internet dengan kata : bruderan, purwokerto maka akan muncul begitu banyak laman. Bisa-bisa membuat saya kecut rasanya melihat begitu banyak yang sudah meraih sukses kehidupan. Nama-nama yang tidak saya kenal, dan saya bukan apa-apa. Saya mencoba mencari data tahun kelulusan 1962, harap-harap masih menjumpai nama teman yang saya ingat. Hasilnya (masih) nihil. Sadar, sudah menjadi orang jadul. Kobêr-kobêré berselancar di jagad maya. Iya yaah!

Tahun 60-an di Purwokerto, hanya ada beberapa sekolah lanjutan atas a.l. SMA Negeri (tentu saja), Madjakat, dan Muhammadiyah (agak lupa, maaf sudah jadul). Kalau SMA Negeri ada bagian A, B dan C; Bruderan hanya ada bagian A dan B. Bersaing ketat dengan SMA Negeri. Perguruan Tinggi belum ada. Saya masuk di bagian A, lha wong ilmu pasti-nya sejak SMP rada ambles. Kok bisa masuk Bruderan? Kan jaman itu, sampai masa kini sekalipun tidak mudah terseleksi. Ya, itulah barangkali karena bêrkah pangèstuné Sing Kêrsa Paring, dengan lantaran sahabat-sahabat saya Mas Nano dan Munasirin.

Mas Nano Satu (satu dua tahun lebih tua dari saya) seorang Katolik (nama baptis Franciscus Xaverius) yang ramah, rajin, ora kakèhên réka-réka. Tentu saja dia faham lingkup gereja. Apa itu bruder, suster, pastur, koster dan lain-lain istilah. – Giyéh Rip, mlêbu baé maring Brudêran. – Inyong? Katoné taah, angèl. Ujian wingi bijiné mung mandan pasan-pasan koh ya! – Inyong ngêrti koh, kêpala sêkolahé, brudêr Yos. Mêngko sore nêmoni ya? – Soré? – Ya nêng asramané. Muga-muga bruder mêlas karo ko! – Wong Landa? – Lha iya laah, Landa bulé, ning brudêr! – Lha, Mas Nano koh maring Madjakat? – Utêkku béda karo utêkmu. Préjèngané baé ora padha! (Lha itu dia, préjèngan, lagi!).

Sore itu, saya, Mas Nano dan Agustinus Munasirin menuju ke asrama Bruderan di sisi utara Jalan Sekolah (sekarang namanya ganti, jalan apa ya?). Berseberangan dengan sekolah Susteran di sisi selatan jalan. Mas Nano yang menekan bel pintu. Tèèèèt. Muncullah, orang kulit putih, berjubah putih. – Ya .. ? – (Mas Nano) Selamat sore bruder .... (bla, bla, bla ... Sing ngomong tanpa rikuh ya Mas Nano, détambahi nyêngéngès. Inyong mung mélu nabuh kênong. Anggêr gong tuli gêdhé, ngglênggêm.) – Syarat-syaratnya ...... (bla. bla, bla .. ) Besoknya datang lagi bawa syarat yang diperlukan. Bruder mengatakan: Berkas saya terima, Akan saya lihat dulu!

Selang tiga empat hari kemudian, juga sore hari. saya datang lagi. Kayong ora sranta. Pencet bel. – Ya ... ? – Selamat sore bruder. Nama saya Turipto. Saya ingin tahu, apakah saya bisa diterima di SMA? Tiga hari yang lalu saya sudah menyerahkan berkas pada Bruder. – Ya, ya. Lusa kamu bisa lihat pengumuman yang akan saya tempel di pintu ini. Pagi hari. Kalau namamu ada berarti bisa diterima ! – Bisa ya Bruder? – Lihat saja nanti.


Liding dongeng, pada hari yang ditentukan, saya menuju asrama bruderan. Rupanya di pojok bangunan itulah kantor Direktur Sekolah SMA Bruderan. Di daun pintu depan ada kertas ditempelkan, berisi nama-nama yang diterima sebagai murid baru. Voila! Namaku tercantum di bagian bawah. Tapi jelas ada. Matur nuwun, Bruder! Kaya apa ya dadi bocah SMA? Ya di SMA Bruderan itulah saya mendapatkan pengetahuan, pengertian dan wawasan yang sangat, sangat dan sangat bernilai bagi kehidupan saya (sungguh!). Justru saya sadari selepas meninggalkan bangku SMA itu! Saya terdaftar dengan no induk 684, resmi selesai 12 Juli 1962 (inset hal II Buku Rapor) Catatan Pindahan: Keluar tgl. 12 Djuli 1962. Lulus Udj. Pengh. SMA Neg. Bag A Buku Sekolah sudah kembali. Uang sekolah sudah lunas. ttd. Kepala Sekolah.

Tiga tahun hanya membayar uang sekolah tiap bulan, yang tidak boleh lewat tanggal 5. Tidak ada uang gedung, uang pendaftaran dan tidak ada iuran-iuran lain. Buku sekolah dipinjami, buku tulis untuk jawaban kalau ulangan, dikasih gratis. Tambahan pelajaran biola (lihat : Bruderan 2 - Bruder Aetius), prakarya. Semua prodeo.

Besoknya saya naik bis Pembangun (nama bis) pulang ke Tinggarwangi. Matur Bapak. – Pak kula kêtampi têng SMA Bruderan. – He eh! Ya wis ... Just simple answer. No more comments. Apa maning pêngalêm. Ora kêpéngin gronongan. Kêpénginé ya .. détanggap sêmêndhiiiing baé. Nggo ila-ila, ana kawigatén. Êé .. blas! Jujur saja kadangkala kita juga membutuhkan semacam “pengakuan”, begitu kan? Bapak memang so pelit. Padahal kalau ndukani ... busèèt! Sementara mBoké : Ya sukur ... Amin!

Dongeng ini memberi pengertian pada saya, bahwa persahabatan yang intens seringkali memunculkan bentuk pemahaman dan bantuan yang bermanfaat. Kalau kultur kita ada ungkapan ndilalah pinaringan pepadhang lan dalan, aplikasinya sangat bervariasi. Antara lain, ya lewat persahabatan.

Anggêr kélingan jaman siki, kêjaba kudu pintêr uga kudu ana wragad. Saat itu, not a single penny! Bênêr kata Mas Nano, sapa ngêrti Bruder nglubèrna wêlas asih karo aku. Dhasaré wong mandan mêmêlas. (sapa ngêrti : kiyé bocah angger ora déturuti katoné ngé yèlan. Gênah pêgumuman urung ana wis dhingini takon ... ) Awaké klêbu cilik, urung mambu kathok landhung. Klambi sêpantêsé! Kêsuwun ya Mas Nano!  Sebagai gambaran buat warga IKSA, barangkali ada manfaatnya. Saya berharap bisa menulis lagi lanjutan dongeng tentang Bruderan : Sêkalané Kémutan.

Tidak ada komentar: